Desa Sampano

Kec. Larompong Selatan, Kab. Luwu
Prov. Sulawesi Selatan

Loading

Desa Sampano

Perayaan

Hari Ibu

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA SAMPANO KECAMATAN LAROMPONG SELATAN KABUPATEN LUWU - SULAWESI SELATAN ! Jam Operasional Pelayanan Kantor Desa Mulai Jam 08.30 - 14.30 Wita, Info Dan Alamat Kantor Desa Silahkan Klik Disini ~> Selengkapnya Pelayanan Di Kantor Desa Sampano Di Tutup Sementara Selama Masa Cuti/Libur Bersama Mulai Tanggal 19-25 April 2023 & Akan Melayani Warga Desa Mulai tanggal 26 April 2023. Terima Kasih !

Berita Desa

Latar Belakang

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya. Oleh karena itu, hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik. Hak atas Informasi ini menjadi sangat penting, karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan.

Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik merupakan pada 30 April 2010 merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan di Indonesia. Undang-Undang ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang untuk memperoleh informasi publik di mana setiap Badan Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara cepat, akurat, mudah dan berkualitas untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) melalui penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi dan supremasi hukum serta melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik.

UU Desa mengkonstruksi desa sebagai komunitas yang berpemerintahan sendiri (self governing community) yang berpegang pada asas demokrasi, dimana warga desa juga diberikan hak untuk turut memegang kendali atas penyelenggaraan pemerintahan tersebut. Sebagai konsekuensi dari diberlakukannya UU Desa, Pemerintah Desa kini dituntut untuk mempraktikkan keterbukaan informasi. 

Baca Juga : 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

PPID adalah kepanjangan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. PPID merupakan pengelola dan penyampaian dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

Untuk menjalankan amanat UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa dan untuk melaksanakan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam pelayanan informasi publik, maka Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa Sampano Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu dibentuk oleh Pemerintah Desa Sampano yang bertanggung jawab memberikan pelayanan informasi yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, dan penyediaan pelayanan serta pengumuman informasi publik melalui Musyawarah Desa.

Sebagai badan publik, Desa mempunyai kewajiban :

  1. Menyediakan dan memberikan informasi publik
  2. Membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efisien;
  3. Menetapkan standar prosedur operasional layanan informasi publik;
  4. Menetapkan dan memutakhirkan secara berkala daftar informasi publik atas seluruh informasi publik yang dikelola;
  5. Menyediakan sarana dan prasarana layanan informasi publik, termasuk papan pengumuman dan meja informasi serta situs web resmi bagi badan publik;
  6. Menganggarkan pembiayaan bagi layanan informasi publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  7. Memberikan tanggapan atas keberatan yang diajukan oleh pemohon informasi publik yang mengajukan keberatan;
  8. Membuat dan mengumumkan laporan tentang layanan informasi publik.

Optimalisasi Sistem Informasi Desa melalui Open Data Desa bertujuan untuk Meningkatkan Transparansi Pemerintahan, Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemerintahan, Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi, dan Menciptakan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance).

Baca Juga : 

VISI PPID :

Terwujudnya pelayanan informasi yanng transparan dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

MISI PPID :

  1. Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas, benar dan bertanggung jawab.
  2. Membangun dan mengembangkan sistem penyediaan dan layanan informasi.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan kualitas SDM dalam bidang pelayanan informasi.
  4. Mewujudkan keterbukaan informasi dengan proses yang cepat, tepat, mudah dan sederhana

Tugas dan Fungsi PPID

Adapun Tugas, Fungsi, Tanggung jawab dan Wewenang PPID Desa, yaitu ::

  1. PPID Desa bertanggung jawab mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh Informasi Publik Desa yang berada di Badan Publik Desa.

  2. PPID Desa dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam hal pengelolaan seluruh Informasi Publik Desa.

  3. Dalam rangka tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada angka 1, PPID bertugas mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik Desa secara fisik dari setiap Badan Publik Desa yang meliputi:

      1. Informasi Publik Desa yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala;

      2. Informasi Publik Desa yang Wajib Tersedia Setiap Saat; dan

      3. Informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.

  4. Dalam rangka tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada angka 1, PPID bertugas mengkoordinasikan pendataan Informasi Publik Desa yang dikuasai oleh setiap Badan Publik Desa untuk pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik Desa setelah dimutakhirkan oleh pimpinan masing-masing Badan Publik Desa paling sedikit 1 (satu) kali dalam sebulan.

  5. Penyimpanan Informasi Publik Desa sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan angka 2 dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan.

  6. PPID Desa bertanggung jawab mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh Informasi Publik Desa di bawah penguasaan Badan Publik Desa yang dapat diakses oleh publik.

  7. Dalam rangka tanggung jawab sebagaimana dimaksud pada angka 1, PPID Desa bertugas mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan Informasi Publik Desa melalui pengumuman dan/atau permohonan.

  8. Dalam hal kewajiban mengumumkan Informasi Publik, PPID bertugas untuk mengkoordinasikan:

      1. pengumuman Informasi Publik Desa melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat; dan

      2. penyampaian Informasi Publik Desa dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa dan cara yang digunakan oleh penduduk setempat.

  9. Dalam hal adanya permohonan Informasi Publik Desa, PPID Desa bertugas:

      1. memberikan Informasi Publik Desa yang dapat diakses oleh publik setelah berkoordinasi dengan Badan Publik Desa;

      2. melakukan pengujian tentang konsekuensi yang

      3. timbul sebagaimana diatur dalam Pasal 19 UndangUndang Keterbukaan Informasi Publik sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan;

      4. menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak; dan

      5. menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya.

  10. Dalam hal terdapat keberatan atas penyediaan dan pelayanan Informasi Publik Desa PPID Desa melakukan koordinasi dengan Atasan PPID Desa.

  11. Dalam hal menyusun Laporan dan evaluasi layanan informasi publik Desa PPID Desa melakukan rekapitulasi jumlah permohonan informasi publik, jumlah permohonan informasi yang dikabulkan dan ditolak, jumlah keberatan, dan jumlah sengketa informasi.

  12. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, PPID Desa berwenang:

      1. mengkoordinasikan setiap Badan Publik Desa dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik;

      2. memutuskan suatu Informasi Publik dapat diakses publik atau tidak berdasarkan pengujian tentang konsekuensi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7;

      3. menolak permohonan Informasi Publik secara tertulis apabila Informasi Publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan/rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut; dan

      4. menugaskan pejabat fungsional dan/atau petugas informasi di bawah wewenang dan koordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik secara berkala paling sedikit 1 (satu) kali dalam sebulan dalam hal Badan Publik memiliki pejabat fungsional dan/atau petugas informasi.

Baca Juga : 

Beri Komentar

CAPTCHA Image

Desa

838

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI838penduduk

841

PEREMPUAN

PEREMPUAN841penduduk

1.679

TOTAL

TOTAL1.679penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Desa

Kepala Desa

Sahir, S.Pd

Tidak Ada di Kantor

Sekretaris Desa

Safril, ST

Tidak Ada di Kantor

Kasi Pemerintahan

KAHAR MUZAKKIR ARKAM

Tidak Ada di Kantor

Kaur. Umum & Perencanaan

JEMMI MINARNI

Tidak Ada di Kantor

Kaur. Keuangan

Ridayani, S.Pd

Tidak Ada di Kantor

Kasi. Kesra

Haerul Aswar, A.Md, Komp

Tidak Ada di Kantor

Staf

ERWIN SYARIF

Tidak Ada di Kantor

Ketua BPD

Burhan, SE

Tidak Ada di Kantor

Wakil Ketua BPD

Amiruddin, BA

Tidak Ada di Kantor

Staf BPD

Lisnawati, S.Kep

Tidak Ada di Kantor

Kadus Sampano

M. Suryaman

Tidak Ada di Kantor

Kadus Sarasa

BAHTIAR S

Tidak Ada di Kantor

Kadus Salukaluku

ALIMUS

Tidak Ada di Kantor

Kadus Batari

H. Saipuddin

Tidak Ada di Kantor

Ketua TP-PKK

Ariyani Sahir

Tidak Ada di Kantor

Anngota BPD

Nurhidayati

Tidak Ada di Kantor

Anngota BPD

Rismawati

Tidak Ada di Kantor

Anngota BPD

Wahyuddin

Tidak Ada di Kantor

Anngota BPD

MASDAR

Tidak Ada di Kantor

Anngota BPD

ACHMADI SINAR KARIM, ST

Tidak Ada di Kantor

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

4

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

4

Surat

Bulan Ini

0

Surat

Bulan Lalu

4

Surat

Tahun Ini

4

Surat

Tahun Lalu

16

Surat

Total

20

Surat

Jam Kerja Kantor
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 15:00:00
Selasa 08:00:00 15:00:00
Rabu 08:00:00 15:00:00
Kamis 08:00:00 15:00:00
Jumat 08:00:00 15:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Terdahulu

Bimtek OpenSID Larompong Selatan

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Malewong dan Belopa
Koordinator : Safril, ST

Terdahulu

Musdes RKPDes 2022

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Kantor Desa Sampano
Koordinator : BPD Desa Sampano

Terdahulu

SOSIALISASI LAPAK DESA DIGITAL KEPADA PELAKU UMKM DESA SAMPANO

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Kantor Desa Sampano
Koordinator : Kepala Desa

Terdahulu

Kirim Berkas Dan Video Lomba Inovasi Desa

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Kantor Bapelitbangda Luwu
Koordinator : Safril, ST

Terdahulu

Bimtek Sipades

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Hotel Santikan Inn Makassar
Koordinator : Kahar Arkam

Terdahulu

Final Lomba Inovasi Desa Kelurahan Se-Kab. Luwu Tahun 2022

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Poltek STIA LAN Makassar
Koordinator : Safril, ST

Terdahulu

UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-77 TAHUN 2022

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Lapangan Desa Babang
Koordinator : Kecamatan larompong Selatan

Terdahulu

PRESENTASI LOMBA KIP DESA SE SULSEL

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Kantor Gubernur Sulawesi Selatan
Koordinator : Kepala Desa

Terdahulu

TABLIGH AKBAR DAN DZIKIR BERSAMA TUTUP TAHUN 2022

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Lapangan Desa Temboe
Koordinator : Kecamatan larompong Selatan
Statistik Pengunjung
Hari ini : 233
Kemarin : 558
Total Pengunjung : 161.211
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 44.212.96.86
Browser : Tidak ditemukan
Jam Kerja Kantor
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 15:00:00
Selasa 08:00:00 15:00:00
Rabu 08:00:00 15:00:00
Kamis 08:00:00 15:00:00
Jumat 08:00:00 15:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Terdahulu

Bimtek OpenSID Larompong Selatan

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Malewong dan Belopa
Koordinator : Safril, ST

Terdahulu

Musdes RKPDes 2022

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Kantor Desa Sampano
Koordinator : BPD Desa Sampano

Terdahulu

SOSIALISASI LAPAK DESA DIGITAL KEPADA PELAKU UMKM DESA SAMPANO

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Kantor Desa Sampano
Koordinator : Kepala Desa

Terdahulu

Kirim Berkas Dan Video Lomba Inovasi Desa

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Kantor Bapelitbangda Luwu
Koordinator : Safril, ST

Terdahulu

Bimtek Sipades

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Hotel Santikan Inn Makassar
Koordinator : Kahar Arkam

Terdahulu

Final Lomba Inovasi Desa Kelurahan Se-Kab. Luwu Tahun 2022

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Poltek STIA LAN Makassar
Koordinator : Safril, ST

Terdahulu

UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-77 TAHUN 2022

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Lapangan Desa Babang
Koordinator : Kecamatan larompong Selatan

Terdahulu

PRESENTASI LOMBA KIP DESA SE SULSEL

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Kantor Gubernur Sulawesi Selatan
Koordinator : Kepala Desa

Terdahulu

TABLIGH AKBAR DAN DZIKIR BERSAMA TUTUP TAHUN 2022

Tgl : 06 Juli 2023 13:51:02
Tempat : Lapangan Desa Temboe
Koordinator : Kecamatan larompong Selatan
Statistik Pengunjung
Hari ini : 233
Kemarin : 558
Total Pengunjung : 161.211
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 44.212.96.86
Browser : Tidak ditemukan

Transparansi Anggaran

APBDesa 2023 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 2.309.871.639,10Rp. 5.011.185.806,00

46.09%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 2.537.008.600,00Rp. 4.811.185.806,00

52.73%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 200.000.000,00Rp. -200.000.000,00

-100%

APBDesa 2023 Pendapatan

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 2.136.590.639,10Rp. 4.283.985.000,00

49.87%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 34.076.806,00

0%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 173.281.000,00Rp. 693.124.000,00

25%

APBDesa 2023 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 235.204.000,00Rp. 949.540.006,00

24.77%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 50.600.000,00Rp. 530.704.000,00

9.53%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 45.450.000,00Rp. 236.936.000,00

19.18%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 20.020.000,00Rp. 127.614.800,00

15.69%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 49.500.000,00Rp. 396.000.000,00

12.5%

Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 2.136.234.600,00Rp. 2.570.391.000,00

83.11%
Pemerintah Desa

Sahir, S.Pd

Kepala Desa


Tidak Ada di Kantor

Safril, ST

Sekretaris Desa
Tidak Ada di Kantor

KAHAR MUZAKKIR ARKAM

Kasi Pemerintahan
Tidak Ada di Kantor

JEMMI MINARNI

Kaur. Umum & Perencanaan
Tidak Ada di Kantor

Ridayani, S.Pd

Kaur. Keuangan
Tidak Ada di Kantor

Haerul Aswar, A.Md, Komp

Kasi. Kesra
Tidak Ada di Kantor

ERWIN SYARIF

Staf
Tidak Ada di Kantor

Burhan, SE

Ketua BPD
Tidak Ada di Kantor

Amiruddin, BA

Wakil Ketua BPD
Tidak Ada di Kantor

Lisnawati, S.Kep

Staf BPD
Tidak Ada di Kantor

M. Suryaman

Kadus Sampano
Tidak Ada di Kantor

BAHTIAR S

Kadus Sarasa
Tidak Ada di Kantor

ALIMUS

Kadus Salukaluku
Tidak Ada di Kantor

H. Saipuddin

Kadus Batari
Tidak Ada di Kantor

Ariyani Sahir

Ketua TP-PKK
Tidak Ada di Kantor

Nurhidayati

Anngota BPD
Tidak Ada di Kantor

Rismawati

Anngota BPD
Tidak Ada di Kantor

Wahyuddin

Anngota BPD
Tidak Ada di Kantor

MASDAR

Anngota BPD
Tidak Ada di Kantor

ACHMADI SINAR KARIM, ST

Anngota BPD
Tidak Ada di Kantor